Berita

Program Pascasarjana IAIN Papua Gelar Workshop Penulisan Jurnal Bereputasi

(iainfmpapua.ac.id) – Untuk menguatkan kemampuan penulisan artikel ilmiah kepada mahasiswa, Program Pascasarjana (PPs) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menggelar ‘Workshop Penulisan Jurnal Bereputasi’ di salah satu hotel di Jayapura, 27 Mei 2023.

Direktur PPs Dr. Faisal, M.HI menyebutkan, kegiatan ini juga bertujuan memberikan wawasan teknik dan cara mempublikasikan tesis ataupun hasil penelitian lainnya dalam jurnal yang berreputasi nasional maupun internasional.

“Sebagaimana yang sudah kita ketahui, hal ini sudah menjadi ketentuan dan peraturan nasional, maka para mahasiswa harus mendapatkan bekal wawasan untuk dapat membuat, menulis artikel ilmiah yang bagus dan memuatnya dalam jurnal,” terangnya. Dalam workshop ini, lanjutnya, pihaknya memberi kesempatan seluas-luasnya kepada mahasiswa S2 untuk langsung berkonsultasi tentang artikel atau tulisan ilmiahnya kepada narasumber. “Kegiatan ini diikuti gabungan 50 mahasiswa Program Magister Hukum Keluarga Islam dan Magister Pendidikan Agama Islam, secara online dan onsite,” tuturnya.

Dalam sambutan pembukaan, Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Marwan Sileuw, M.Pd menyampaikan tentang peluang untuk menjalin kerjasama pertukaran studi bagi mahasiswa IAIN Fattahul Muluk Papua dengan kampus-kampus di Malaysia. “Program Pascasarjana sudah menjajaki kerjasama dengan Universiti Kebangsaan Malaysia beberapa waktu lalu, dari situ kita membuka peluang kemungkinan adanya tindaklanjut dalam berbagai hal, termasuk pertukaran studi mahasiswa S2,” urainya. Menurutnya, mahasiswa Pascasarjana IAIN Fattahul Muluk Papua juga berpeluang melakukan praktek pembelajaran dengan mengajar mahasiswa S1 di Malaysia atau sebaliknya. “Untuk itulah, kita berikan wawasan dalam berbagai hal termasuk cara menulis dan membuat penelitian yang bagus dalam workshop seperti sekarang ini,” paparnya.

Pihaknya mendorong mahasiswa S2 untuk aktif mempublikasian hasil penelitian ke jurnal. “Mahasiswa S1 saja bisa upload submit hasil penelitian dan publish ke jurnal, apalagi mahasiswa S2,” ucapnya. Hal ini sebagai upaya untuk mempertanggungjawabkan kualitas isi hasil penelitian. “Workshop ini akan mengarahkan kita supaya tulisan kita bisa diterima di jurnal berreputasi, “ jelasnya. Dengan begitu, harapnya, sebuah tulisan penelitian yang awalnya biasa saja dapat menjadi luar biasa dan bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber pengelola jurnal di Unversitas Cenderawasih Dr. Suharno, M.Si dan diikuti para mahasiswa PPs semester 4 IAIN Fattahul Muluk Papua serta undangan lainnya. (*)

Spread the love