Berita

PPs IAIN Papua Gelar Workshop Review Pedoman KTI

(iainfmpapua.ac.id) – Program Pascasarjana (PPs) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menggelar Workshop Review Pedoman Karya Tulis Ilmiah (KTI) di salah satu hotel di Abepura Jayapura, 25 November 2023.

Direktur PPs Dr. Faisal, M.HI mengatakan, kegiatan ini didasari upaya bersama untuk memberikan pedoman yang terbaik bagi para mahasiswa dalam menyusun karya ilmiah. “Dari diskusi bahwa para dosen memiliki latar belakang pendidikan beragam, dari kampus yang beragam pula, maka program ini dimunculkan untuk kemudian dapat memunculkan pedoman, sebagai tuntunan untuk mahasiswa agar tidak ada perbedaan dalam mengerjakan tugasnya,” ucapnya. Ia mencontohkan, berbagai hal yang sering muncul menjadi perbedaan dalam penulisan KTI mahasiswa ialah tentang struktur penulisan makalah, tentang pendahuluan atau pengantar, dan hal-hal lainnya. “Selain itu, outputnya juga dimaksudkan agar dapat menjadi pedoman saat nanti ada asesmen terhadap program magister kita, sehingga nanti ada acuannya,” urainya.

Pada moment sambutan pembukaan kegiatan ini, Wakil Rektor I IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Talabudin Umkabu, M.Pd menyebutkan bahwa mahasiswa Pascasarjana memerlukan pedoman untuk membentuk konsistensi dalam penulisan. “Untuk memberi pemahaman bersama, agar menjadi rujukan saat dibutuhkan, sehingga jika sudah disahkan, maka semua harus sepakat dan mengikutinya,” ujarnya mewakili Rektor. Selain itu, dalam buku pedoman nanti, kiranya akan memasukkan unsur pedoman dalam menghindari plagiasi karya orang lain. “Ini untuk melatih mahasisa dalam menghadapi tantangan dan dinamika menulis pada tingkatan yang lebih luas dan update,” paparnya.

Workshop ini menghadirkan narasumber Wakil Dekan I Fakultas Agama Islam UNIYAP Dr. Hasrudin Dute, M.Pd.I. Kegiatan ini diikuti wakil direktur PPs, para ketua program magister, dosen PPs, dan peserta dari kampus lainnya. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Spread the love